Atasan PPID

Kepala SMA Negeri 1 Kecamatan Harau selaku
Atasan PPID SMA Negeri 1 Kecamatan Harau
;

Drs. AFRIZAL

Pejabat Pengelola Informasi & Dokumentasi
SMA N 1 Kecamatan Harau

Dalam UU Nomor 14 Tahun 2008 BAB I Ketentuan Umum pasal 1  angka 9 bahwa yang dimaksud dengan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi adalah pejabat yang bertanggung jawab di bidang penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan, dan/atau pelayanan informasi di badan publik. Pada SMA Negeri 1 Kecamatan Harau, sesuai dengan SK Nomor 423 /319/SMA.-HR/VII-2020 Tentang Penunjukan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) SMAN 1 Kecamatan Harau. 

Tugas Pokok dan Fungsi PPID

  • Pelaksana pelayanan Informasi Publik.
  • Penanggungjawab pemenuhan hak warga negara untuk memperoleh akses Informasi Publik di SMA Negeri 1 Kecamatan Harau.
  1. Mengoordinasikan penyimpanan dan pendokumentasian seluruh Informasi Publik yang berada di SMA Negeri 1 Kecamatan Harau, meliputi:
    • informasi yang wajib disediakan dan diumumkan secara berkala;
    • informasi yang wajib tersedia setiap saat;
    • informasi terbuka lainnya yang diminta Pemohon Informasi Publik.
  2. Mengoordinasikan pendataan Informasi Publik yang dikuasai oleh SMA Negeri 1 Kecamatan Harau dalam rangka pembuatan dan pemutakhiran Daftar Informasi Publik setelah dimutakhirkan oleh pimpinan masing-masing unit sekurang-kurangnya 1 (satu) kali dalam sebulan.
  3. Mengoordinasikan penyediaan dan pelayanan seluruh Informasi Publik di bawah penguasaan SMA Negeri 1 Kecamatan Harau yang dapat diakses oleh publik, baik melalui pengumuman dan/atau permohonan.
  4. Mengoordinasikan Informasi publik melalui media yang secara efektif dapat menjangkau seluruh pemangku kepentingan.
  5. Mengoordinasikan penyampaian Informasi Publik dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar, serta mudah dipahami.
  6. Melakukan pengujian tentang konsekuensi yang timbul sebelum menyatakan Informasi Publik tertentu dapat diakses atau dikecualikan.
  7. Menyertakan alasan tertulis pengecualian Informasi Publik secara jelas dan tegas, dalam hal permohonan Informasi Publik ditolak.
  8. Menghitamkan atau mengaburkan Informasi Publik yang dikecualikan beserta asalannya.
  9. Mengembangkan kompetensi PPID dan Petugas Informasi dalam rangka peningkatan kualitas layanan Informasi Publik.
  10. Mengoordinasikan dan memastikan agar pengajuan keberatan diproses berdasarkan prosedur penyelesaian keberatan apabila permohonan Informasi Publik ditolak.
  11. Mengoordinasikan setiap unit PPID di SMA Negeri 1 Kecamatan Harau dalam melaksanakan pelayanan Informasi Publik.
  12. Menolak permohonan informasi publik secara tertulis apabila Informasi Publik yang dimohon termasuk informasi yang dikecualikan/rahasia dengan disertai alasan serta pemberitahuan tentang hak dan tata cara bagi pemohon untuk memgajukan keberatan atas penolakan tersebut.

Struktur Organisasi PPID